Selasa, 23 Juli 2013

 NAMA ISTRI ISTRI ROSUL

Istri-istri Rasulullah kumpulan wanita termulia. Allah memuliakan mereka untuk menemani kehidupan Rasul termulia. Sebuah keutamaan paling besar yang direngkuh kaum wanita, yang tak tertandingi oleh wanita manapun. Mereka juga menjadi istri-istri beliau di akhirat kelak. Tidak ada seorang lelaki pun yang boleh menikahi mereka sepeninggal Rasulullah.
Salah satu ayat yang menunjukkan ketinggian martabat mereka, Allah berfirman:
“Hai isteri-isteri Nabi, kamu sekalian tidaklah seperti wanita yang lain. Jika kamu bertakwa… “ (Qs al-Ahzab/ 33:32)
Nama istri-istri Rasulullah
  1. Khadijah binti Khuwailid al-Quraisyiyah al Asadiyah. Khadijah adalah istri pertama Rasulullah. Allah pernah mengirimkan salam melalui malaikat Jibril kepadanya. Lantas, Rasulullah menyampaikannya ke istri beliau tersebut.
  2. Saudah binti Zam’ah bin Qais al-Quraisyiyah. Wafat di akhir pemerintahan Khalifah ‘Umar bin al-Khaththab.
  3. ‘Aisyah binti Abi Bakr ash-Shiddiq. Istri Rasulullah yang ini merupakan wanita terpandai dalam masalah agama secara mutlak. Dahulu, para Sahabat menjadikan pendapatnya sebagai rujukan.
  4. Hafshah binti Umar bin al-Kaththab
  5. Zainab binti Khuzaimah bin al-Harits al-Qaisiyah dari Bani Hilal bin Amir. Dikenal juga dengan panggilan Ummul masakin karena sering memberi makan bagi kaum yang papa.
  6. Ummu Salamah binti Abu Umayah bin al-Mughirah al-Makhzumiyah. Pernah melihat malaikat Jibril dalam rupa Sahabat yang bernama Dihyah al-Kalbi. Wafat tahun 62 H.
  7. Zaenab binti Jahsy dari Bani Asad bin Khuzaimah. Putri bibi beliau, Umaimah binti Abdul Muththalib. Wafat di Madinah tahun 10 H. Merupakan istri yang pertama kali meninggal pasca wafatnya Rasulullah. Dimakamkan di Baqi’.
  8. Juwairiyyah bintil Harits bin Abi Dhirar al-Musthaliqiyah. Pada asalnya, termasuk tawanan dalam Perang Bani Musthaliq. Wafat tahun 56 H.
  9. Ummu Habibah binti Abi Sufyan Shakhr bin Harb al-Quraisyiyah. Wafat di masa pemerintahan saudaranya, Muawiyah bin Abi Sufyan.
  10. Shafiyyah binti Huyai bin Akhtab, tokoh Bani Nazhir, keturunan Harun bin ‘Imran, saudara Nabi Musa.
  11. Maemunah bintul Harits al-Hilaliyah. Wanita terakhir yang dinikahi oleh Rasulullah. Wafat di Sarif pada tahun 63 H.

1 komentar: